Wednesday 18 October 2017

Hukum Main Forex -2015


Scritto da nurohman Jaenal su Minggu, 10 Giugno 2012 19.27 Investasi FOREX trading merupakan investasi yang sangat menjanjikan dimana kita Bisa memperoleh profitto yang cukup lumayan Dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran broker forex yaitu linea Instaforex yang memberikan Jasa forex segnale di internet, Semakin memudahkan setiap orang untuk mendulang profitto di bisnis ini bahkan Tanpa Harus melewati upaya Belajar yang terlalu Lama dan Tanpa Harus memahami analisa teknikalmaupun fondamentale yang memusingkan Kepala. Penghasilan para trader-commerciante del forex profesional sangat dan Jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku Bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi banyak kemudian yang mempertanyakan kehalalan dari Hasil yang diperoleh bisnis forex trading ini dikarenakan sifatnya yang Abstrak dan tidak Kasat mata. UMAT Sebagian Islam meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para Pakar Islam Jangan engkau menjual sesuatu yang ada Tidak padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, HADITS Dalam Sebuah riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (Ahli fiqih Islam), HADITS tersebut ditafsirkan Secara saklek. Pokoknya, setiap praktik Jual beli yang ada Tidak barangnya pada waktu AKAD, haram. Penafsiran Secara demikian itu, tak Pelak Lagi, membuat fiqih Islam Sulit untuk memenuhi tuntutan jaman yang Terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, cara menentang penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa Tidak Benar Jual-beli barang yang ada Tidak dilarang. Baik Dalam Al Qur8217an, Sunnah maupun fatwa para Sahabat, larangan ITU ada Tidak. Dalam Sunnah Nabi, Hanya terdapat larangan menjual barang yang Belum Ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang ada Sudah pada waktu AKAD. legis 8220Causa Atau larangan ilat tersebut Bukan ada atau Tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar Adalah ketidakpastian tentang apakah barang Yang diperjual-belikan ITU dapat diserahkan atau Tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual Barang Milik orang lain, padahal Tidak diberi kewenangan Oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya Tidak ada, Namun ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga Bisa diserahkan kepada pembeli, Maka Jual beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya Sudah ada TAPI 8211 Karena Satu dan lain Hal 8212 Tidak mungkin diserahkan kepada pembeli, Maka Jual beli ITU Tidak sah. Perdagangan berjangka, Jelas, Bukan garar. Sebab, Dalam kontrak berjangkanya, Jenis komoditi Yang dijual-belikan Sudah ditentukan. Begitu Juga Con una quantità, Mutu, Tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di ATAS rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 Satu hal yang sebetulnya Bisa Juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex Adalah bagian dari PBK) dapat dimasukkan ke Dalam kategori almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islam kontemporer. Karena itu, lo stato hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke Dalam Wilayah fi ma la Nasha FIH, yakni masalah hukum yang Tidak mempunyai referensi Nash hukum yang Pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk ke Dalam paradigma al-nushush QAD intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum Dalam bentuk Al-Quran dan Sunnah Sudah selesai Tidak Lagi ada tambahan. Dengan demikian, Kasus-Kasus hukum yang Baru Muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam Kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan Oleh Ibn al-Qoyyim Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah Karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, Tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan bahwa un-Haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum ITU dijumpai Dalam kenyataan empirik Bukan Dalam Alam pemikiran atau Alam idea. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang Keadilan yang Dalam Al Quran istilah digunakan al-Mizan, a-qisth, al-wasth, Dan al-ADL. Dalam penerapannya, Secara khusus masalah PBK dapat dimasukkan ke Dalam bidang fiqh kajian al-siyasah maliyyah, yakni Politik hukum kebendaan. Dengan KATA lain, PBK termasuk kajian hukum Islam Dalam pengertian bagaimana hukum Islam diterapkan Dalam masalah kepemilikan ATAS Harta Benda, melalui perdagangan berjangka komoditi epoca Dalam globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin Dalam Rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat Dalam perdagangan berjangka komoditi Dalam ruang dan waktu Serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan Semangat dan Bunyi UU n ° 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di ATAS, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam Dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, Maka PBK Dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf Adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di Dalam transaksi demikian, ra8217s penyerahan al-mal Dalam bentuk uang sebagai nilai Tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud Dalam transaksi ITU. Ulama Syafi8217iyah Dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad atas komoditas Jual beli yang diberi sifat terjamin Yang ditangguhkan (berjangka) dengan di prezzo Jual yang ditetapkan di Dalam borsa akad8221. Keabsahan transaksi Jual beli berjangka, ditentukan Oleh terpenuhinya Rukun dan condizioni Costi sebagai berikut. Rukun sebagai Utama Unsur-Unsur yang ada Harus Dalam Suatu peristiwa transaksi Unsur-Unsur Utama di Dalam bay8217 al-salam Adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) yang disebut dengan istilah musulmano atau ilaih musulmano. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan di prezzo Tukar (ra8217s al-Mal al-salam dan FIH al-musulmano). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan Kabul. Yang Perlu diperhatikan Dari tersebut Unsur-Unsur, Adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam Bahasa dan kalimat yang Jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf di Dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan Alasan bahwa 8216aqd al-salam Adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara Berbeda dari akad Jual dan Beli (acquistare). Persyaratan menyangkut objek transaksi, Adalah: bahwa objek transaksi Harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (un yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, Ukuran (Kadar), jangka penyerahan, di prezzo Tukar, Tempat penyerahan. Persyaratan yang Harus dipenuhi Oleh di prezzo Tukar (al-tsaman), Adalah, Pertama, kejelasan Jenis Tukar ALT, yaitu dirham, dinar, rupia atau dolar DSB atau barang-barang yang dapat ditimbang, disukat, DSB. Kedua, kejelasan Jenis alat Tukar apakah rupia, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati Dalam bentuk chilogrammo, stagno, l'ora legale. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas Istimewa, baik Sedang atau Buruk. Condizioni Costi-condizioni Costi di ATAS ditetapkan dengan Maksud menghilangkan jahalah fi al-8217aqd atau Alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada Saat transaksi. Hal Sebab ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di Antara pelaku transaksi, yang akan merusak Nilai transaksi. Kejelasan Tukar jumlah di prezzo. Penjelasan singkat di ATAS nampaknya Telah dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun Dalam pelaksanaannya Masih ada pihak-pihak yang MERASA dirugikan dengan peraturan perundang-Undangan yang ada, Maka dapatlah digunakan Kaidah hukum atau principio giuridico yang berbunyi: Ma La yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang dapat Tidak dilaksanakan semuanya, Maka Tidak Perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan Semangat dan jiwa Norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Dott. Masjfuk Zuhdi yang berjudul Masail FIQHIYAH kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan Dalam hukum islam. Perdagangan Valuta Asing Timbul Karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi Antar negara yang bersifat Internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat Bayar yaitu Uang Yang Masing-Masing Negara mempunyai ketentuan sendiri dan Berbeda Satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara Negara-Negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN Nilai MATA Uang Antar Negara. Perbandingan Nilai mata uang antar negara terkumpul Dalam Suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat Dalam Suatu kesepakatan bersama yang Saling menguntungkan. Nilai mata uang Suatu Negara Negara dengan lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap Saat sesuai volume di permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan Dan penawaran Inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang Secara nyata hanyalah Tukar-menukar mata uang yang Berbeda Nilai. Hukum ISLAM Dalam TRANSAKSI Valas 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar Tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan Lisan, tulisan dan Utusan. Pembeli Dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan hukum tindakan-tindakan (dewasa Dan berpikiran Sehat) 2. Memenuhi condizioni Costi menjadi objek transaksi yaitu Jual-beli: Suci barangnya (najis Bukan) Barang Sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa Jual beli Saham ITU diperbolehkan Dalam Agama. 8220Jangan kamu membeli ikan Dalam aria, Karena sesungguhnya Jual beli yang demikian ITU mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi Dari Ibnu Mas8217ud) Jual Beli barang yang Tidak di Tempat transaksi diperbolehkan dengan condizioni Costi Harus diterangkan sifat-sifatnya atau Ciri-cirinya. Kemudian Jika Barang sesuai dengan keterangan penjual, Maka sahlah Jual belinya. Tetapi Jika Tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan Jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni Dari Abu Hurairah: 8220Barang Siapa yang membeli sesuatu yang ia Tidak melihatnya, Maka ia berhak khiyar jika ia Telah melihatnya8221. Jual beli Hasil tanam yang Masih terpendam, seperti ketela, kentang, Bawang dan sebagainya Juga diperbolehkan, Asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan semua Hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan Kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian Juga Jual Beli barang-barang yang Telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, GPL, dan sebagainya, asalkam etichetta diberi yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. Hal. 135. Mengenai teks Kaidah hukum Islam tersebut di ATAS, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad 1936 Hal. 55.Muzakarah Jakim Berkenaan Hukum Forex Trading Zaharuddin Abd Rahman Setelah berhempas Pula melayan bantahan sebahagian, komentar dan Tidak PUA hati pedagang matawang Asing (Forex Trader) sejak tahun 2008 iaitu sejak dari Awal saya menyediakan kajian ringkas yang dipaparkan di web ini, boleh dirujuk artikel tersebut di collegamento berikut: - Saya bersyukur Kerana semalam Telah diadakan Satu muzakarah besar yang dihadiri Oleh Lebih 200 orang ilmuan Shariah, ulama, Ahli Ekonomi, banchieri dan peguam. Tiga Kertas Kerja dibentangkan. Kertas Kerja pula bukanlah disediakan Oleh individu tetapi dibuat Secara berkumpulan. Ini bermakna Kertas Kerja tersebut wajar diberikan Lebih kredit kerana merupakan buah fikiran dan kajian Secara kolektif yang akan sememangnya Lebih kukuh berbanding kajian dan pandangan dari seorang individu. Bukan sekadar itu, Malah Kumpulan pengkaji Juga Telah mencuba sendiri berdagang melalui salah Satu piattaforma di forex bagi mendapatkan kejelasan maksimum sebelum menyimpulkan sebarang hukum. Selain itu, mereka Juga Telah bertemu dengan penyedia piattaforma FOREX ITU sendiri di samping beberapa Siri temubual dengan pedagang FOREX yang berpengalaman. Justeru, saya Kira, FOREX perdagang Tidak boleh sama sekali mempertikaikan kefahaman para pengkaji kerana penyelidikan mereka Jauh Lebih Dalam dari Hanya sekadar pengalaman, tambahan pula penyelidik Juga menrima Informasi Rasmi dari pihak regolatore Bank Negara Malaysia selaku. Hasil daripada kajian Kumpulan pengkaji Pertama yang dianggotai Oleh Prof. Madya Dr. Muhammad Bin Som, il Dr. Marjan Muhammad, Ust Luqmanul Hakim Hussain, En. Wan Wan Norhaziki Abdul Halim. Kesimpulan mereka mencatatkan seperti berikut: - 1. Spot forex yang dijalankan Oleh individu piattaforma melalui internet agak berbeza daripada posto konsep forex yang dijalankan di peringkat interbancario. Dari satu sudut, ia dibuat berdasarkan spot forex dari Segi di prezzo Lani (spot value), tetapi dari Segi penyelesaian ia Tidak berlaku berdasarkan T2. Malah penyelesaian Tidak akan berlaku selagi pedagang Tidak menutup posisi yang dibukanya. Namun, dari sudut di Più, forex spot Visualizzati di recente Lebih mirip kepada forex in avanti, kerana apabila pedagang membeli sesuatu matawang daripada broker, beliau Tidak akan dapat memiliki matawang yang dibelinya. Sebaliknya, pedagang akan menikmatinya setelah beliau menjualnya semula kepada mediatore pada waktu hadapan. Apa yang membezakan spot forex Oleh individu dengan avanti forex ialah Kadar tukaran matawang masa hadapan Adalah tetap iaitu Kadar yang dipersetujui pada Tarikh transaksi, manakala Kadar tukaran matawang Dalam spot forex Tidak tetap, tetapi berdasarkan Turun Naik di prezzo pasaran matawang yang didagangkan. 2. Kerajaan Malesia Tidak mengiktiraf sebarang urusniaga matawang Asing yang dibuat melalui saluran-saluran yang Tidak sah. Malah, terdapat peruntukan perundangan yang Jelas berhubung larangan tersebut, iaitu melalui Seksyen 3 (1) dan Seksyen 4 (1), (2) dan (3) Akta Kawalan Pertukaran Wang (AKPW) 1953. Mana-mana individu dilarang sama sekali berurus Niaga matawang Asing, kecuali setelah mendapat kebenaran Pengawal Pertukaran Asing, iaitu Gabenor Bank Negara Malaysia. 3. Berdasarkan beberapa ISU syariah yang diketengahkan termasuk ISU qard leva, riba al-nasiah interesse di rollover, Qabd, matawang menjual Yang tiada Dalam pegangan (Qabd) Dan spekulasi yang melibatkan perjudian, ternyata Operasi spot forex Secara linea Oleh individu Adalah Tidak mengikut landasan syarak yang Telah digariskan berhubung jualbeli matawang (baia alSarf). Manakala satu Kumpulan Lagi datangnya dari Universiti Utara Malesia yang dianggotai Oleh Prof. Dr. Madya Asmadi Mohd Naim, il Dr. Hasniza Mohd Taib, il Dr. Muhammad Hussain Nasri. Kertas mereka menyimpulkan seperti berikut: - Berdasarkan perbincangan di ATAS, forex perdagangan linea Adalah Tidak dibenarkan Oleh Syarak kerana adanya perkara-perkara yang menyalahi Syarak iaitu. io. Pembelian wang Tunai dilakukan Secara kredit Adalah Terang-terangan bertentangan dengan kontrak Sarf dan mengandungi Unsur riba. ii. Sekiranya pembelian Kredit ITU ditakyifkan sebagai pemberian pinjaman Oleh broker, perkara tersebut Masih termasuk Dalam Aktiviti yang dilarangkan Oleh Syarak kerana mengandungi Unsur mendapat manfaat dari pinjaman, dan larangan mengumpulkan pinjaman dan Jual-beli. iii. Menjual matawang Secara menangguhkan penyerahan Adalah dilarang Oleh Syarak. Condizioni Costi Qabd Dalam majlis Tidak wujud di Dalam transaksi ini. Keharusan melewatkan penyerahan (Qabd) Tidak boleh diaplikasi Dalam urusniaga ini kerana Tidak termasuk di Dalam konsep darurat Bagi transaksi autentico. iv. Urusniaga mediatore Secara mengandungi linea ini Unsur baia al-najsy iaitu peniaga menawarkan di prezzo Bukan untuk memiliki matawang sebaliknya untuk memberi faedah kepada penjual melalui kenaikan di prezzo. v. Urusniaga ini Juga mengandungi ihtikar yang dilarang Oleh Syarak. VI. Urusniaga ini Juga mengandungi Unsur perjudian yang bergantung kepada Turun Naik di prezzo atau Angka. Saya Hanya berfungsi sebagai pengulas Dalam majlis semalam. Secara dasarnya hampir col respiratore kesimpulan yang dibuat Oleh kedua-dua Kumpulan Adalah sama dengan kesimpulan yang Telah saya simpulkan sejak tahun 2008 yang Lalu, dengan ITU, saya menyeru kepada semua pedagang matawang yang Tidak berpuas hati dan menolak pandangan yang mengharamkan pedagangan matawang ini untuk berfikir Kembali demi kebaikan iman dan pendapatan Masing-Masing. Bagi mereka yang ingin mendapat kejelasan bagaimana kesimpulan tersebut dicapai, pembaca boleh scarica Kertas Kerja mereka (yang Belum diedit selepas muzakarah) bacaan untuk ASAS. Sebarang permasalahan bolehlah Terus disampaikan kepada mereka. Zaharuddin Abd Rahman zaharuddin 1 giugno 2011 Saya bersyukur kerana semalam Telah diadakan Satu muzakarah besar yang dihadiri Oleh Lebih 200 orang ilmuan Shariah, ulama, Ahli Ekonomi, banchieri dan peguam. Tiga Kertas Kerja dibentangkan. Kertas Kerja pula bukanlah disediakan Oleh individu tetapi dibuat Secara berkumpulan. Ini bermakna Kertas Kerja tersebut wajar diberikan Lebih kredit kerana merupakan buah fikiran dan kajian Secara kolektif yang akan sememangnya Lebih kukuh berbanding kajian dan pandangan dari seorang individu. Saya Hanya berfungsi sebagai pengulas Dalam majlis semalam. Secara dasarnya hampir col respiratore kesimpulan yang dibuat Oleh kedua-dua Kumpulan Adalah sama dengan kesimpulan yang Telah saya simpulkan sejak tahun 2008 yang Lalu, dengan ITU, saya menyeru kepada semua pedagang matawang yang Tidak berpuas hati dan menolak pandangan yang mengharamkan pedagangan matawang ini untuk berfikir Kembali demi kebaikan iman dan pendapatan Masing-Masing. Bagi mereka yang ingin mendapat kejelasan bagaimana kesimpulan tersebut dicapai, pembaca boleh scarica Kertas Kerja mereka (yang Belum diedit selepas muzakarah) bacaan untuk ASAS. Sebarang permasalahan bolehlah Terus disampaikan kepada mereka Aggiungi questa pagina ai tuoi preferiti siti di social bookmarking più.

No comments:

Post a Comment